Kamis, 13 Februari 2014

MENGATASI GROGI SAAT BERBICARA DI DEPAN AUDIEN



MENGATASI GROGI SAAT BERBICARA DI DEPAN AUDIEN

Sob, siapa yang paling takut kalau disuruh presentasi di depan kelas?
Atau ada yang takut kalau diminta jadi MC atau pembicara dadakan?

Dalam sebuah penelitian, bahkan disebutkan bahwa ketakutan seseorang setelah kematian adalah berbicara di depan banyak orang.

Saya masih inget waktu pertama kali bicara di depan banyak orang. Dulu ceritanya saat SMP, diamanahi jadi ketua OSIS. Nah, waktu itu acara perpisahan dengan seorang guru yang mau pindahan ke sekolah lain. Terpaksa saya mesti memberikan sambutan mewakili para siswa. Di depan 1300 orang awalnya Pede. Kenapa? karena udah siapin catatan yang mau dibacain.

Eng ing eng, ternyata karena di lapangan upacara angin berhembus begitu kencang akhirnya kertas itupun terbang begitu saja. Beberapa menit saya bingung, walau akhirnya terpaksa berbicara walaupun agak gugup. Pengalaman itu yang membuat saya terus melatih kemampuan berbicara di depan banyak orang.

Nah, tentang masalah grogi bicara di depan banyak orang, ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Misalnya:

# Takut salah
# Takut diketawain
# Ada seseorang yang kita hormati, cintai, atau muliakan
# Ga ada persiapan
# serta alasan-alasan lainnya.

Solusinya:
1. Siapkan apa yang mesti disampaikan
Ingat, Pede itu ada penopangnya. Penopangnya yaitu persiapan. Seorang mahasiswa yang sudah belajar untuk ujian pasti beda pedenya dengan yang belum pernah sama sekali persiapan untuk ujian.

2. Latihan
Semakin banyak jam terbang berbicara semakin berani kita berbicara di depan orang banyak. So, setiap ada kesempatan bicara, mau itu jadi MC, moderator bahkan sekadar jadi pemateri pengganti coba saja. Itung-itung tambahan jam terbang bicara.

3. Jangan terlalu text book
Paling males kalau denger orang ngomong liatin terus catatannya. karena mengganggu audien untuk menangkap pesan yang disampaikan. Belajarlah hanya sesekali melihat poin-poin pembicaraan.

4. Percayalah, mereka ingin Anda sukses
Kebanyakan kita takut bicara karena malu, takut dikatakan bodoh, atau alasan lainnya. Percayalah audien ingin kita sukses dan berhasil bicara di depan. Tidak ada yang mau menghina Anda. 80% ketakutan itu nggak pernah terjadi. hanya ada dalam imajinasi saja.

5. Tarik nafas yang panjang sebelum naik podium
Pernah merasakan ini saat diminta maju ke depan podium: tangan bergetar, keringat dingin keluar, muka pucat, suara serasa susah keluar? Kalau ya, berarti Anda sedang mengalami masalah grogi.
Jangan khawatir, tarik nafas yang panjang, keluarkan perlahan. Terus seperti itu sambil memejamkan mata dan bayangkan bahwa Anda sudah berhasil menyelesaikan percakapan itu. Lalu buka mata perlahan dan tampil dengan performa terbaik!

6. Hirup minyak wangi kesukaan
Kalau masih gugup, boleh dicoba dengan mencium minyak wangi kesukaan Anda, rasakan relaksasi yang begitu sempurna menjalar ke seluruh tubuh. Tapi ingat, jangan ketiduran.hehe..

7. Jika Saat presentasi Kaki bergetar, tekan kuat ibu jari kaki.
Mungkin, kita pernah melihat seseorang berbicara di depan dengan kaki yang bergetar. Cara mengatasinya dengan tekan kuat ibu jari kaki. Agar getaran tersalurkan ke bumi. Kalau masalahnya tangan yang bergetar, bisa dengan memegang benda yang keras, salurkan getaran kesana biar nggak keliatan. Misalnya podium, stand mic dan lain-lain.

Semoga tips simple ini bisa Sahabat coba dipraktikkan.

JADI, SIAP UNTUK PEDE BERBICARA DI DEPAN ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar