Sabtu, 03 November 2012

10 Cara Agar Halaman Website Atau Blog Tampil Profesional


10 Cara Agar Halaman Website Atau Blog Tampil Profesional

Halaman web yang profesional mempunyai banyak fungsi. diantaranya paling tidak, cukup cepat me-load halaman, Halaman web menjadi lebih menarik dll. Karena itu saya sekarang disini akan share tentang 10 Cara Agar Halaman Website/Blog Tampil Profesional



1. Lakukan pengecekan halaman pada beberapa browser yang berbeda : Tampilan halaman anda begitu cantik di browser firefox tetapi belum tentu bagus di browser Internet Explorer atau Opera atau browser yang lain. Ingat pengunjung blog anda tidak hanya menggunakan satu browser saja. untuk itu anda coba lakukan pengecekan dengan browser yang berbeda, misalkan : Firefox, Flock, Mozilla, Internet Explorer, Opera, Safari dsb.

2. Hindari Memasang Jam dan Kalender : Tanyakan pada diri anda sendiri apa gunanya memasang jam di blog anda, jika hanya sebagai pengingat waktu atau untuk mempercantik halaman sebaiknya tidak usah digunakan, apa gunanya jam pada taksbar windows. yang jelas bakal bikin load page anda semakin berat. Kemudian apa gunanya kalender windows? orang butuh informasi dari blog anda bukan ingin melihat kalender.

3. Jangan memelas untuk meminta mengklik iklan : hindari kata "tolong klik iklan dibawah ini" atau bahasa apapun yang meminta pengunjung anda untuk mengklik iklan. Paling tidak, hanya sekedar memasang untuk selang seling saja sudah cukup. Tapi sampai saat ini ada beberapa blog yang melakukan hal tersebut (maaf jika blog anda termasuk dalam hal ini) , Tanpa anda menyuruhpun pengunjung bakal mengklik iklan tersebut jika dirasa berguna bagi mereka. Selain itu, memasang terlalu banyak iklan juga dapat memperlambat load halaman web terutama yang bentuk banner, sehingga pasanglah iklan secukupnya sesuai kapasitas load halaman web.

4. Hindari memasang lagu pada blog : Selain bikin halaman berat blog yang menampilkan lagu agak terkesan tidak profesional dan maaf agak terkesan jaman dulu (jadul). Tidak masalah jika blog anda tentang musik atau blog personal tapi untuk blog bisnis atau yang lain sepertinya kurang cocok.

5. Menampilkan status IP pengunjung : Blog anda bukan program spy (mata-mata) kan?, jadi lebih baik tidak usah dipasang agar pengunjung tidak merasa dimata-matai.

6. Tidak Memasang widgets yang tidak ada hubunganganya dengan blog : Menambahkan widgets memang menyenangkan tapi jika tidak ada hubungannya malah blog anda terkesan aneh. pasanglah widget sesuai dengan kebutuhan saja.

7. Jangan hanya Copy-Paste : Saya tidak melarang anda untuk melakukan Copy-Paste, jika memang dilakukan sebaiknya perbaiki juga code scriptnya, hargai jerih payah penulis sebenarnya karna jika hanya copy-paste tulisannya tidak bakal terlihat rapi dan kemungkinan gambar yang diikutsertakan tidak bakal muncul. Tapi sebenarnya ini akan mendapat respon buruk dari pembaca, karena pembaca akan berpikir lebih baik membaca langsung dari sumbernya.( Blog ini juga "copy paste".Tips ini hanya untuk mendapatkan yang lebih baiknya saja ).

8. Jangan gunakan gambar yang besar : Gambar memang mempercantik halaman anda, gambar yang besar justru jadi bumerang buat loading page anda. yang jelas blog anda pasti akan diabaikan untuk sementara waktu ketika loading page sedang berjalan.

9. Periksa Dead link : Link yang telah mati bakal tidak disukai pembaca, jangan kan pembaca search engine pun tidak menyukai hal ini. Lakukan pengecekan dead link sesering mungkin.

10. Cara merespon komentar yang baik : Jangan pernah bersikap menggurui, hargai semua komentar dengan bijak walau pun ada beberapa komentar yang menyebalkan. Ingat! blog tempat orang menuangkan semua ide dan pemikiran jadi semua orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar